Friday, January 1, 2016

Sinopsis Film : The Imitation Game (2014)

Kode Enigma adalah perangkat yang dikembangkan oleh intelijen militer Jerman, di mana informasi bisa dienkripsi. Pada Perang Dunia II, mesin Enigma dibawa dan digunakan dalam tentara Jerman dan Angkatan Udara sehingga pesan militer sensitif bisa dienkripsi untuk mencegah pasukan musuh memanfaatkan informasi. Jadi dulu itu tentera jerman kalo berkomunikasi saat perang menggunakan mesin Enigma ini gan, supaya informasi terenkripsi dengan berbentuk kode, ntar di translate lagi (kurang lebih seperti itu). Kode Enigma ini benar - benar tidak terpecahkan, andai kode ini bisa terpecahkan, maka perang dunia ke II akan lebih cepat selesai.

Film ini berdasarkan kisah nyata dari seorang ahli matematika legendaris, Alan Turing dan timnya yg hebat yg berusaha untuk memecahkan kode Enigma saat sedang terjadi perang dunia ke II. Perang dunia ke II terkenal dengan pertarungan epik antara peradaban. Kemerdekaan melawan kelaliman. Demokrasi melawan Nazi. Jutaan pasukan meninggal. Armada kapal tenggelam mengisi lautan. Pesawat menjatuhkan bom dari langit hingga mereka menghilangkan matahari. Perang bukan seperti itu bagi mereka. Bagi Alan Turing dan timnya, itu hanya... setengah lusin penggemar teka - teki silang... di desa kecil  Inggris Selatan. Inilah kemenangan... yang datangkan kemerdekaan di setiap negara.

Ahli sejarah memperkirakan pemecahan Kode Enigma telah memperpendek perang lebih dari dua tahun dan menyelamatkan lebih dari 14 juta nyawa. Pemerintah terus merahasiakannya lebih dari 50 tahun. Pekerjaan Turing menginspirasi beberapa generasi akan penelitian yg bernama "Mesin Turing". Saat ini, kita menyebutnya dengan... Komputer.

Bagaimana cara Alan Turing dan timnya dalam memecahkan kode Enigma ? Apa saja yg telah dilaluinya ?

0 komentar:

Post a Comment